Sunday 16 October 2011

Pusat Penyelamatan Satwa Jogja, Outrageus Camping Ground


Pusat Penyelamatan Satwa Jogja adalah tempat penangkaran satwa sitaan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan Yogyakarta. Tempat ini didirikan di Dusun Paingan, Desa Sendangsari, Kecamatan Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta. Ide unutk membuat PPSJ ini muncul pada tahun 2002 ketika The Gibbon Foundation, sebuah lembaga yang bergerak di sektor lingkungan hidup menandatangani MOU dengan Ditjen PHKA. Salah satu kesepakatannya adalah The Gibbon Foundation akan membangun beberapa PPS di Indonesia untuk mendukung upaya penegakan hukum dalam memberantas perdagangan dan kepemilikina satwa liar secara ilegal. Salah satunya PPSJ.

Awalnya Yayasan Kutilang Indonesia (YKI) diberi kewenangan mengelola kawasan sejak 7 Juni 2003, namun sekarang PPSJ dikelola oleh Yayasan Konservasi Alam Indonesia yyaitu sebuah lembaga non profit yang bergerak dalam bidang konservasi alam Indonesia. YKAY didirikan pada tahun 2009 di Yogyakarta dan dipimpin oleh GKR pembayuan.

Memang kebanyakan yang ditangkarkan PPSJ adalah dari jenis Primata dan Avifauna. Ada beberapa jenis Primata, diantaranya owa jawa, makaka ekor panjang, surili, orang utan, dan lain-lain. Tempat camping dan outbound area sangat luas, dengan pemandangan alam yaitu danau-danau buatan yang menyegarkan mata. Satwa-satwa dilindungi itu akan dilepasliarkan sesuai dengan habitat aslinya dan dilakukan monitoring secara berkala tentang keberaadaannya di alam liar. Sejak beroperasi, PPSJ pernah melepasliarkan beberapa satwa seperti kijang, ular kobra, landak, labi-labi, burung kasuari, elang laut perut putih dan masih banyak lagi.

Untuk memenuhi pengelolaan penangkaran satwa liar,  YKAY tidak hanya menerima memperoleh dana dari luar negeri, tetapi juga mengembangkan divisi bisnis yang dinamai Orang Utan Outdoors Camp (OOC).  Di dalam areal PPSJ yang mencakup luas 13,9 Ha dikembangkan usaha-usaha yaitu paket-paket pendidikan konservasi, penyewaan fasilitas yang berorientasi alam, meeting room facility dan Outbound Training. Hasil dari keuntungan itu OOC akan digunakan untuk kepentingan konservasi alam terutama penyelamatan satwa, pemberdayaan masyarakat dan upaya rehabilitasi hutan.

Camping Ground PPSJ sangat mengasyikkan dan fasilitas yang memadai. Harganyapun relatif murah. Untuk Camping Groung dengan fasilitas Outbound Area, kamar mandi yang bersih, pendopo, tempat sholat, air, dan listrik dibiayai Rp. 15.000,- per orang per hari (24 jam). Tidak hanya itu, Moto Trail Adventure dan Adventure Jeep Off-Roading juga tersedia. Water Trip juga akan memuaskan perjalanan anda. 
So, jika anda di sekitar Yogyakarta dan bingung mencari dimana tempat kemah dan petualangan yang murah dan menyenangkan PPSJ adalah jawabannya.

No comments:

Post a Comment