Monday 23 May 2011

Praktikum Lapangan ke Mbantul

KULO NUWUN....

Kemarin baru pulang dari praktikum lapangan di Kec Panggang, Bantul. Gila, medannya seru abis. Hari pertama kita sekelompok ber-9 disuruh invent sosial. Terpaksa kami yang asli orang jawa barat atau malah orang jawa timur sendiri gag bisa bahasa kromo inggil buat tanglek-tanglek atau tanaya2 ya diam saja, hanya bisa bersiul ""NGGIIIIHHH BUUU,, NGGIIHHH PAAAKK"" Yah, baik buruknya sesuatu dapat dilihat dari bahasa kan.

Lebih parah lagi hari kedua. Keberangkatan dari jam 9 hari minggu itu. Pertamanya sih cuma cari jalan ke PU 1 dari pal. PU 2 lumayan menegangkan karena melintasi kaki bukit. Bukitnya c gapapa, SEMAKNYA!!!! semaknya bikin keki deh, harus dibuka lagi buat jalan cewek. PU3 lumayan gampang deh, gada semak belukar yang didapat. PU4 di bawah kaki bukit, di padang jagung. Kita menemukan beberapa buah pepaya yang matang, lalu kita ambil. Emang sih punya warga, tapi mumpung warag lagi RESAH dengan keberadaan monyet (Maccaca fascicularis) jadi perbuatan "agak" gag bener kita ditutupi alibinya oleh monyet yang serakah itu. PU4 motong bukit, gakan bisa dilewati. Terpaksa potong jalur 90 derajat counter clockwise. Lha pasti lebih jauh lagi, harusnya cuma seratus meter, jadi 135 + 60 meter. JIJIK. Capeknya minta ampun. Yang lebih serem lagi 'hampir' aq keperosok ke jurang, dengan kedalaman (estimasi) 5-6 meter. Kaki kananku masuk ke jurang itu, untung (dengan mengucapkan untung berarti kita bersyukur, hehe) kaki kirinya ketinggalah di atas n ada semak2 yang tadi nutupin jurangnya menahan bobot badanku jatuh ke jurang itu. Ieuh Kalo beneran aq masuk kesono, besok paginya akan ada kabar "seorang mahasiswa Fakultas Kehutanan tewas masuk jurang dengan ganteng dan mengenaskan". Meratapi nasib deh. Tapi nyaliku gag ciut gara2 cuma segitu. PU5, PU6, dan PU7 berhasil didapat datanya.

Bangga banget pas liat peta, PU7 kita cuma melenceng 30 meteran. Maklum, yang jadi kendalanya itu SEMAK BELUKAR dengan tinggi 2,5 METER,BERDURI!!!!!!! Dan kita bawa temen2 cewek, jadi terpaksa harus buka jalan. Jam 2 selesai langsung pulang ke basecamp. MANTAB, capeknya ditambah lagi 1,5 jam perjalanan dari MBANTUL ke NJOGJA. Dateng kos, pusing. Minum obat tidur deh. bangun pagi benerin kamer, carrier yang dibawa ama perlengkapan yang ntanya kudu dikembaliin. Trus bikin blog ini deh,,hehe..

No comments:

Post a Comment