Thursday 26 May 2011

Hutan Tanaman dan Hutan Alam



Malem hari selasa kemarin aq, Memet, Haryo pergi ke tempat enjang buat bkin tugas DPSL. Pas dateng mah disana cuma ngobrol karna jurnal yang kami dapet gabisa dipake. Enjang ngenet dengan modemnya yang agak LOLA, heuh. Setelah lama mengobrol akhirnya nyambung juga ngomongin kehutanan di Indonesia.

Si haryo nanya aq gini,
"kamu lebih milih jadi Konservasionis atau Preservasionis?". Mati lu qih, jawab aq di dalam hati. aq jawab aja,
"Preservasionis" dengan enggan.
"oh gag bisa gitu, brati kamu saklek. Hutan juga harus dimanfaatkan" si Memet nyambung.
"Eh hutan tanaman tuh penting banget kali!"
"lha iya, kan emank penting. Aq mau jadi preservasionis di hutan lindung atau hutan konservasi aja kali."jawabku.

Aq pokoknya bilang kalo hutan tanaman gag bisa diandelin karna hutan tanaman tuh sama aja hutan yang terdegradasi karena fungsinya yang berkurang.ya orologisnya, ya fungsi penahan erosi, sumberplasma nutfah dan lain-lain deh. si Memet tetep dengan pendiriannya kalo emank di negara Indonesia yang sedang berkembang ini perllu banget adanya hutan tanaman yang gag bisa digantiin sama hutan alam cos ya yang namanya alanm, mengambil potensinyya lebih susah kan terkait medan, akses jalan dsb.

Mulai paragraf ini pikiranku semua. Yang namanya hutan alam tuh FULL PACKAGE, bisa diapain ajah. Didalemnya banyak banget isinya, bisa dimanfaatkan semua. Sebenernya gag semua karena KETERBATASAN OTAK KITA YANG CUMA 2000 CC, yang gag bisa nemuin semua manfaat Makhluk Allah. Susah ne kalo gene. Aq sering banget ngomong gini, kita koq cuma majuin dan selalu ngembangin yang namanya hutan tanaman dibawah perhutani, HPH, dll. Padahal mungkin potensi hutan alam lebih gede dari hutan tanaman. Emank kayu dan Hasil Hutan Non Kayu (HHNK) lebih susah diekstrak dari hutan alam. Tapi sekali lagi, qt belum ngembangin dengan total, itu yang bikin susah. Maunya yang gampang, padahal yang gampang belum tentu bener, yang keliatan enak belum tentu bener.

Di dalem hutan alam fungsinya banyak banget, salah satunya mencegah banjir dan menyimpan cadangan air yang banyak. Yagag sih, banyak yang ngomong gitu bukan sekedar asal ceplos. Apakah hutan tanaman punya fungsi kayagitu? Perkebunan punya fungsi kayagitu? Kayanya gag deh, untuk mencegah banjir dan erosi tuh butuh hutan yang punya lebih dari satu lapisan tajuk (stratum tajuk), hutan tanaman gag punya, apalagi perkebunan. Kalo udah banjir apa keuntungan finansial hutan alam dihitung? Tersedianya air tanah karena keberadaan alam dihitung? Kalo dihitung menurutku akan ngelebihin deh tuh produksi kayu hutan tanaman yang semakin lama semakin turun produktifitasnya. Jelas, siklus haranya terbuka, yang ada malah hara dari hutan tanamna itu kebuang percuma keluar gara2 erosi. Apalagi kalo saatnya hutan tanaman ditebang habis dalam satu petak, 2 Ha aja kalo dibuka erosinya meningkat lebih dari 2 kalinya (bu Tuti, kuliah KTA dan Hidrologi), apalagi 1 petak yang puluhan sampe ratusan hektar. BEUH!!!

Tapi pendapatku gag selamanya bener, permasalahan yang sangat pelik yaitu LAJU PERTUMBUHAN MANUSIA yang dengan bangganya mempunyai slogan 2 ANAK LEBIH, BAIK! Emank sih kayu dari hutan alam gag bisa nyukupinmenuso menuso yang serakah dan full of nafsu karena keterbatasan manusia. Intinya dibutuhkan hutan tanaman tapi majuin juga donk hutan alam!!! dan, BUKA HUTAN ALAM MENJADI HUTAN TANAMAN DI DAERAH YANG SAMA SEKALI KALI AMAN DARI EROSI.

itu aja intinya menurutku, trims.

No comments:

Post a Comment